4 Profesi Menarik di Dunia Perfilman

Dunia perfilman selalu menarik untuk diulik. Tak hanya filmnya yang terkadang membuat kita penasaran dan dibuat “terhanyut”, tetapi juga profesi-profesi yang ada di balik suksesnya karya seni tersebut. Bila Anda juga penasaran dan ingin terlibat dalam proses pembuatan sebuah film, berikut ini 4 profesi yang bisa dijadikan pertimbangan.

1. Sutradara

Profesi ini amat menentukan sukses-tidaknya sebuah film. Orang nomor satu dalam proses pembuatan film ini tidak hanya wajib memiliki wawasan tentang dunia perfilman, tetapi juga jiwa pemimpin. Karena harus bertanggung jawab dalam rangkaian pembuatan film, mulai dari mengarahkan sang aktor, pengambilan gambar, hingga pemilihan naskah.

Jadi, bila memiliki bekal tersebut, dan merasa tertantang di dunia perfilman, tak ada salahnya Anda belajar atau mengawali profesi ini dengan membuat film-film dokumenter sederhana atau film indie. Dengan membuat film “sederhana” tersebut, setidaknya Anda telah belajar bekerja sama dengan berbagai pihak, baik saat melakukan perencanaan biaya produksi, proses pengambilan gambar, maupun terkait kode etik perfilman.

2. Script Writer

Penulis naskah atau script writer memiliki peran penting terhadap konten dan naskah sebuah cerita. Orang yang memiliki posisi ini selalu dilibatkan dalam proses pembuatan film dari awal hingga akhir. Bersama dengan sutradara dan produser, seorang script writer turut menggali dan mencari inspirasi yang akan dikonversi menjadi sebuah karya film.

Bila memiliki renjana pada bidang jurnalistik serta mempunyai jiwa kreatif dan penuh ijaminasi, tak ada salahnya Anda mencoba menekuni bidang ini. Profesi ini terbilang cukup “berwarna” karena selain mencari ide atau konsep film, juga dilibatkan dalam beragam proses mulai dari membuat timeline program hingga menyusun rundown acara.

3. Art Director

Visual apik yang tampil pada film-film layar kaca atau bioskop merupakan hasil andil seorang art director. Selain bertanggung jawab dalam pemilihan lokasi pengambilan gambar, seorang art director ikut andil dalam tim pembuat konsep cerita. Selain itu, ikut berperan dalam hasil akhir sebuah proyek.

Untuk menjadi art director, setidaknya Anda harus memiliki jiwa seni dan mempunyai kemampuan visual yang baik. Selain itu, menguasai teknologi terkini terkait peralatan yang akan digunakan pada proses pengambilan gambar. Kinerja desainer grafis dan ilustrator juga ada di bawah pengawasan Anda jika kelak menjadi seorang art director.

4. Editor

Profesi ini amat penting dalam proses pembuatan sebuah film, khususnya pada proses pascaproduksi. Proses pengeditan gambar maupun audio berada di bawah tanggung jawab seorang editor. Durasi sebuah film, baik pendek, sedang, maupun panjang, juga berada di tangan sang editor.

Oleh sebab itu, bila ingin menjadi seorang editor dalam dunia perfilman, setidaknya Anda harus memiliki wawasan tentang produksi film, serta mempunyai kemampuan dalam mengikuti perkembangan teknologi di bidang editing. Yang tak kalah penting, selain memiliki rasa tanggung jawab dan mau bekerja dengan tenggat yang terkadang ketat, seorang editor harus dapat bekerja sama dengan banyak pihak. [*/BYU]

Foto: Shutterstock.com