Miliki 4 Karakter Utama Wirausaha Ini Untuk Sukses Berbisnis

Sifat-sifat tertentu pada manusia turut mengarahkan apa yang akan dilakukannya. Begitu juga dengan para wirausaha. Ada karakter khusus dalam diri mereka yang membantu mewujudkan cita-cita untuk merintis bisnis. Oleh karena itu, agar sukses berbisnis, miliki karakter utama wirausaha.

Founder dan Chief Executive Officer (CEO) Startup Professionals Martin Zwilling menjelaskan, setiap wirausaha memiliki DNA berbeda dan siap membantunya untuk sukses. Setiap pengusaha harus mengoptimalkan DNA tersebut untuk mengatasi setiap tantangan. Temukan karakter wirausaha sebagai langkah awal dan manfaatkan kekuatan itu untuk menopang kelemahan guna membangun rencana. Zwilling membagi karakteristik wirausaha menjadi empat tipe.

1. Karakter Pembangun

Karakter pembangun membuat seseorang menjadi visioner, biasanya dua atau tiga langkah lebih maju dibandingkan pesaingnya. Ini menjadi modal utama dalam permainan bisnis. Karakter ini juga dicirikan dengan sifat yang fokus, dingin, penuh perhitungan, dan dominan dalam menentukan arah perusahaan.

2. Karakter Oportunis

Berspekulasi adalah salah satu karakter utama wirausaha. Ia dapat membaca bagaimana harus bersikap di tempat dan waktu tertentu agar keputusan yang diambil menguntungkan. Ia juga selalu memanfaatkan waktu untuk memikirkan strategi bisnis. Di luar merintis bisnis pribadi, seseorang yang oportunistis juga tidak akan menyia-nyiakan peluang. Tipe ini biasanya bermain saham dengan memanfaatkan momentum atau berinvestasi di bidang properti dengan memanfaatkan kenaikan harga.

Baca juga : Like and Dislike

3. Karakter Spesialis

Tipe karakter wirausaha ini sangat memahami bidang usaha yang ia geluti. Ini akan menguatkan fondasi perusahaan. Ia akan menonjol di antara para kompetitornya. Jenis-jenis pengusaha tipe ini, misalnya ahli teknologi, akuntan, pengacara, koki, atau pendiri market place.

4. Karakter Inovator

Hampir sama dengan spesialis, pengusaha inovator seperti membuat laboratorium dalam setiap bisnisnya. Membuat berbagai rumus bisnis, konsep, hingga produk yang berhasil diaplikasikan dalam perusahaan. Tantangan terbesar karakteristik inovator adalah selalu berjuang walaupun di tengah kesuksesan. Selalu memikirkan produk terbaru di tengah peluncuran produk baru. Sudahkah Anda memiliki karakter utama wirausaha atau salah satunya?

Foto: Shutterstock.com