5 Kesalahan Manajemen Waktu yang Membuat Anda Kurang Produktif

Ketika bekerja, mungkin kita sering merasa kewalahan, gagal memenuhi tenggat, atau terlalu sibuk sehingga tak sempat melakukan hal-hal lain yang ingin kita kerjakan. Banyak dari kita tahu bahwa kita perlu manajemen waktu lebih efektif, tetapi kadang sulit mengenali di mana letak kesalahan kita. Berikut 5 kesalahan umum dalam manajemen waktu yang bisa menjadi poin awal bagi Anda untuk memperbaikinya.

1.Tidak memiliki tujuan personal

Apakah kita bisa membayangkan apa ingin kita lakukan enam bulan, satu tahun, bahkan 10 tahun mendatang? Jika belum, saatnya Anda merancang tujuan personal. Ini penting agar Anda tidak merasa membuang-buang waktu karena tidak mencapai apa yang Anda inginkan. Dengan merancang tujuan itu, Anda tahu kapan harus mengambil langkah apa. Ini membuat Anda bisa merencanakan tujuan-tujuan kecil lain dalam masa-masa tertentu untuk menggapai tujuan besar itu.

2.Menunda-nunda

Prokrastinasi terjadi ketika kita menghindar dari pekerjaan yang mestinya menjadi fokus saat ini. Ini bisa membuat Anda merasa bersalah dan kemudian terburu-buru untuk dapat menuntaskannya tepat waktu. Salah satu cara mengatasinya, membuat jadwal pekerjaan dan menentukan skala priotitas.

3.Multitasking

Mengerjakan banyak hal sekaligus membuat kita tidak bisa fokus. Bukannya menghemat waktu, multitasking justru memakan waktu kita 20–40 persen lebih banyak ketimbang mengerjakan tugas satu per satu. Di samping itu, pekerjaan juga tidak maksimal.

4.Mengambil terlalu banyak pekerjaan

Mengukur kemampuan diri dan ketersediaan waktu adalah hal penting lain yang patut kita miliki. Tahu saat kapan masih bisa menerima pekerjaan dan kapan mencukupkan diri. Hal ini sangat vital terutama pada orang yang menjadi pekerja lepas (freelancer) atau yang pekerjaannya dihitung per proyek. Pekerjaan yang bertumpuk dapat menyebabkan performa yang buruk dan stres. Dalam jangka panjang, ini juga bisa berpengaruh pada reputasi Anda.

5.Distraksi

Tahukah Anda, sebagian dari kita bisa kehilangan lebih dari dua jam per hari karena distraksi? Entah ini dari media sosial, video atau artikel hiburan, e-mail, berselancar di internet, dan lain-lain. Ponsel barangkali adalah peranti yang paling sering menyebabkan perhatian kita teralih. Jika ingin benar-benar fokus dan sepanjang itu memungkinkan, Anda bisa menjauhkan ponsel sejenak ketika bekerja. [*/NOV]