5 Langkah untuk Mendongkrak Karier Lebih Tinggi

Meningkatkan karier menjadi salah satu hal yang diinginkan karyawan. Tujuannya pun bermacam, dari meningkatkan eksistensi hingga mendapat penghasilan yang lebih tinggi. Untuk menapaki karier yang lebih tinggi, masing-masing orang punya caranya sendiri. Namun, setidaknya beberapa hal berikut ini bisa menjadi langkah yang dapat membantu memuluskan jalan.

1. Cari Tahu Kekuatan dan Kelemahan

Mengenal diri sendiri dengan mencari tahu kekuatan dan kelemahan. Dari sini tentu akan diketahui bidang-bidang pekerjaan mana saja yang paling pas untuk digeluti sehingga kompetensi yang dimiliki bisa ditunjukkan dengan optimal.

2. Buat Target

Buat semacam target atau pencapaian-pencapaian yang hendak diraih dalam karier, baik jangka panjang maupun jangka pendek. Cobalah untuk selalu menanamkan motivasi serta semangat untuk mencapai target tersebut.

3. Jaga Hubungan

Membuka dan menjaga hubungan dengan rekan kerja menjadi langkah lain yang dapat membantu seseorang mengenal diri dan lingkungannya. Selain itu, langkah ini akan membuat sikap dan kemampuan seseorang dikenal secara luas dan otomatis membuka peluang yang lebih besar bagi peningkatan karier.

4. Manfaatkan waktu luang

Manfaatkan waktu luang untuk belajar mengenai banyak hal. Hal ini bisa dilakukan dengan membaca, browsing di internet, atau belajar keahlian lain dari rekan-rekan kerja yang lain, misalnya keahlian presentasi dan bahasa asing. Di samping itu, perkembangan yang terjadi di sekitar pun tak boleh luput dari perhatian, apalagi kalau itu menyangkut keahlian dan pekerjaan yang dimiliki. Misalnya, mereka yang berkecimpung di dunia komputer sebaiknya terus mengikuti tren dan perkembangan perangkat lunak yang lebih mumpuni.

5. Ambil Tantangan

Beranikan diri untuk mengambil tantangan. Ini adalah ajang yang sesungguhnya untuk menguji sampai sejauh mana kemampuan dan keahlian yang dimiliki. Selain itu, tantangan tadi bisa makin mengasah diri sendiri, bukan? [ASP]