Lakukan Empat Hal ini Saat Malas Bekerja

Rasa jemu atau malas adalah hal yang jamak, apalagi pada mereka yang hampir tiap hari menjalani rutinitas atau aktivitas yang sama. Kepadatan lalu lintas, tumpukan pekerjaan, hingga membuat laporan-laporan kerja menjadi satu dari sekian banyak hal yang bisa menurunkan semangat kerja.

Kalau kemalasan tersebut didiamkan atau malah membuat kita semakin bermalas-malasan, risikonya bukan cuma produktivitas atau kualitas kerja yang merosot. Masa depan karier pun bisa terancam kalau tugas-tugas tidak bisa diselesaikan dengan baik.

Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Berikut ini beberapa di antaranya.

  1. Tugas-tugas yang harus diselesaikan dipecah menjadi bagian-bagian kecil. Maksudnya, supaya tugas tersebut tidak lagi terasa berat untuk diselesaikan. Misalnya, ada tugas untuk membuat presentasi produk. Anda bisa membagi pekerjaan tugas tersebut menjadi beberapa tahapan, yaitu membuat konsep, mengumpulkan bahan dan foto atau ilustrasi pendukung, dan seterusnya. Demikian pula untuk membuat skala prioritas, yaitu urutkan yang harus didahulukan atau mendesak dan yang bisa dikerjakan belakangan.
  2. Beri penghargaan pada diri sendiri atas setiap tahapan tugas yang telah selesai dikerjakan. Penghargaan tersebut akan memantik perasaan positif, yang dengannya tentu segala masalah akan terlihat lebih ringan dan lebih mudah untuk disiasati. Sikap yang positif juga tentu memunculkan aura yang menyenangkan bagi rekan-rekan di sekitar.
  3. Beri waktu bagi diri Anda sendiri untuk santai sejenak. Bila perlu, ajak teman dekat untuk berbagi dan bercerita.
  4. Rutinitas dapat menjadi biang keladi kemalasan. Oleh karena itu, menjalankan hobi atau kegiatan-kegiatan lain di luar rutinitas bisa dilakukan. Misalnya, menonton film atau pergi bersama teman lama. Namun, pastikan jangan sampai aktivitas itu malah menguras tenaga dan membuat Anda lebih malas untuk kembali bekerja.
  5. Terakhir, bisa pergi berlibur bersama keluarga atau orang dekat ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi. Pengalaman yang baru, semoga bisa memberi semangat yang baru pada Anda. [ASP]

Foto: merzzie/Shutterstock