5 Cara Peduli Lingkungan di Tempat Kerja

Peduli lingkungan bukan sekadar slogan atau tren sesaat. Komitmen atas hal ini akan sangat bermakna tidak hanya mengajak lebih banyak orang untuk terlibat, tetapi juga manfaatnya dalam jangka panjang.

Tak perlu membayangkan hal-hal besar dan kompleks untuk menunjukkan kepedulian lingkungan, berikut ini lima hal sederhana yang dapat Anda lakukan di tempat kerja.

Pertama, berapa banyak yang tidak dapat memulai kerja atau tetap berkonsentrasi pada saat jam-jam kritis di siang hari tanpa menyesap kopi dari gerai kopi modern. Menggunakan gelas-gelas kopi dari kertas atau plastik, semuanya berakhir di tong sampah. Anda dapat mengurangi sampah ini dengan membawa atau menggunakan gelas sendiri.

Kedua, gunakan aplikasi ponsel cerdas untuk mencatat dan mencentang daftar pekerjaan. Selama ini, Anda mungkin menggunakan kertas yang ditempel di meja atau layar komputer. Selain terkesan semrawut, kertas-kertas ini sangat mungkin terlepas dan hilang. Padahal, jika menggunakan aplikasi seperti Todoist atau Wunderlist, selain lebih mudah dilihat, Anda dapat mengatur alarm pengingat sehingga tidak akan lupa.

Ketiga, bawalah bekal makanan menggunakan wadah plastik yang dapat digunakan ulang. Hindari mengonsumsi makanan yang dibungkus dengan bahan plastik atau stirofoam.

Keempat, sedang memeriksa draf naskah surat perjanjian atau bahan presentasi? Kurangi kebiasaan untuk mencetak dokumen tersebut walaupun menggunakan kertas bekas. Sebagian orang akan berkilah, lebih nyaman untuk memeriksa naskah dalam bentuk cetakan karena dapat langsung dicoret-coret. Namun, berapa banyak kertas yang terbuang percuma hanya untuk dicoret-coret demikian. Aplikasi pengolah kata yang terdapat di komputer sudah dilengkapi fungsi penyuntingan. Tidak hanya memberi tanda dengan warna yang berbeda, tetapi juga akan tercatat kapan dan oleh siapa revisi dilakukan.

Kelima, periksa kembali semua peralatan elektronik Anda sebelum meninggalkan kantor. Pastikan layar komputer telah dimatikan. Anda juga tidak meninggalkan peranti elektronik dalam keadaan masih tersambung dengan sumber listrik. Pastikan juga lampu dan penyejuk udara telah dimatikan jika Anda orang terakhir yang meninggalkan ruangan kantor. [ACA]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 18 Desember 2018.