Ini Tips agar Tubuh Bugar dan Pekerjaan Lancar

Kebugaran tubuh menjadi masalah bagi banyak orang, terutama mereka yang terlalu sibuk bekerja sehingga tidak sempat berolahraga. Kecuali jika Anda berprofesi sebagai atlet atau instruktur kebugaran, kesempatan berolahraga memang sangat langka. Memang benar, Anda tidak dapat melakukan gerakan-gerakan aerobik di meja kerja, tetapi bukan berarti tidak dapat melakukan apa-apa.

Berikut ini sejumlah tips yang dapat Anda lakukan untuk menggabungkan kegiatan kerja dengan latihan-latihan aerobik ringan. Langkah pertama, pikirkan bagaimana Anda mencapai kantor. Jika mengendarai kendaraan pribadi, Anda mungkin dapat memarkir kendaraan sedikit lebih jauh sehingga harus berjalan kaki beberapa ratus meter.

Demikian pula di dalam kantor, jangan biarkan tubuh menjadi malas sehingga untuk turun satu lantai saja, Anda harus menggunakan lift atau eskalator. Gunakanlah tangga sebanyak mungkin dan biasakan tubuh untuk aktif bergerak.

Perhatikan dengan saksama gerakan-gerakan yang Anda lakukan selama bekerja. Mungkin selama ini Anda kurang sadar bahwa Anda telah melakukan gerakan-gerakan yang sama dalam waktu lama. Hal ini dapat mengakibatkan timbulnya cedera. Biasanya, gangguan ini dapat dihindari dengan jalan meregangkan otot secara berkala.

Jika bekerja menggunakan komputer, pastikan Anda duduk pada posisi yang tegak dan nyaman. Jangan biarkan kaki sampai menjuntai, tetapi sebaiknya menjejak ke lantai. Selanjutnya, mengetik terus-menerus dapat mengakibatkan cedera pada pergelangan tangan Anda.

Oleh karena itu, selang beberapa menit sebaiknya Anda mengistirahatkan pergelangan tangan. Mengepalkan tangan, lalu membuka lebar-lebar telapak tangan adalah cara termudah untuk meregangkan otot-otot di pergelangan tangan.

Melakukan sesuatu bersama-sama memang lebih mudah ketimbang sendirian. Oleh karena itu, ajaklah teman atau pasangan Anda untuk melakukan latihan bersama. Jika dekat tempat kerja ada pusat kebugaran, Anda mungkin dapat meluangkan waktu barang setengah jam untuk melakukan latihan singkat. Jika pada waktu pagi hari waktunya terlalu sempit, Anda mungkin dapat meluangkan waktu sejenak sehabis bekerja di sore hari.

Istirahat siang? Jangan biarkan tubuh Anda hanya duduk di belakang meja kerja. Manfaatkan waktu yang terbatas itu untuk melemaskan otot-otot tubuh yang terasa kaku, menarik napas dalam-dalam, dan membiarkan tubuh melakukan relaksasi. Nah, selamat bekerja. [ACA]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 13 Desember 2018.