3 Langkah Sederhana agar Karier Tambah Sukses

Dalam menjalani pekerjaan, mungkin sempat terpikir di benak Anda, mengapa bidang pekerjaan hanya “itu-itu” saja? Karier seolah stagnan. Tantangan berkurang. Ambisi meraih jenjang karier yang lebih tinggi pun seolah lenyap. Jika ini terjadi, liburan atau cuti sejenak pun diambil. Namun, apakah cukup hanya dengan berlibur?

Pelesir sesekali memang penting untuk refreshing atau keluar dari rutinitas sejenak. Setelah itu, Anda perlu mengumpulkan motivasi untuk menjaga ritme kerja sekaligus meningkatkan prestasi dalam berkarier. Jika karier berjalan baik, bisa jadi tak hanya bonus tahunan yang bisa didapat, Anda bisa mendapatkan promosi jabatan.

1. Isi waktu luang

Agar sukses dalam berkarier, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Selain mengerjakan pekerjaan utama, Anda bisa mengisi waktu luang sekaligus bersosialisasi di tempat kerja dengan aktif dalam kegiatan yang diadakan kantor. Misalnya, klub futsal dan klub fotografi. Anda bisa berkenalan dengan rekan-rekan kerja di bagian lain yang bisa jadi jarang Anda jumpai sehari-hari.

 

2. Ikuti kursus

Alternatif lainnya, Anda bisa mengambil kursus di tempat lain untuk meningkatkan kemampuan diri. Misalnya, kursus bahasa Inggris atau bahasa Mandarin. Apalagi jika kemampuan ini bermanfaat bagi bidang pekerjaan Anda yang banyak berhubungan dengan orang asing. Bisa juga dengan mengambil jenjang studi lanjutan. Tentunya ini dengan catatan tidak melanggar aturan perusahaan dan tidak mengganggu pekerjaan utama.

Lingkungan kantor memang tak lepas dari berbagai masalah. Bisa jadi benturan dengan rekan kerja, atasan, atau karena masalah lainnya. Namun, bagaimanapun juga, usahakan Anda tetap menjaga hubungan profesional. Tetap kerjakan tugas-tugas Anda dengan sebaik-baiknya dan jalinlah kerja sama kerja yang baik dengan rekan kerja atau atasan.

3. Ikuti Job Posting

Jika ada internal job posting atau lowongan jabatan tertentu untuk karyawan dalam perusahaan, tidak ada salahnya Anda coba. Gagal atau berhasil menduduki posisi tertentu yang ditawarkan perusahaan akan menunjukkan kemampuan diri Anda yang sesungguhnya. Anda pun bisa evaluasi diri untuk menganalisis kelemahan dan mengembangkan diri.

Dalam bekerja pun, sebaiknya jangan terlalu berpaku pada bidang tugas yang Anda tangani. Selain bersosialisasi dengan rekan kerja, jangan lupa untuk bersikap dinamis seiring dengan kemajuan perkembangan teknologi. Kenali fungsi dan manfaat gadget terbaru. Selain menambah informasi, Anda pun dapat mengembangkan diri dan lebih berhati-hati saat memilih peralatan teknologi informasi yang terbaik untuk diri sendiri. [MIL]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 27 November 2018.