Menjalani Pekerjaan di Bidang yang Bukan Impian? Simak Tips Berikut

Tidak banyak orang yang beruntung bisa langsung mendapatkan pekerjaan impian, apalagi pada pekerjaan pertama saat baru lulus kuliah. Ada pula orang yang dengan sengaja menjajal pekerjaan tertentu sekadar untuk mencari pengalaman, sebelum kemudian serius menekuni bidang yang menjadi minatnya.

Jika kebetulan termasuk orang yang sedang menjalani pekerjaan di bidang yang bukan impian, barangkali Anda dapat mempertimbangkan sejumlah tips berikut ini.

Bisa dibilang, pekerjaan atau karier terbaik adalah yang dapat benar-benar mengoptimalkan pengetahuan dan kemampuan yang Anda miliki. Sayangnya, tidak semua pekerjaan membutuhkan atau memanfaatkan seluruh kemampuan kita. Untuk itu, selalu tanamkan dalam diri bahwa setiap pekerjaan adalah peluang untuk mempelajari sesuatu yang baru. Dengan berpikiran terbuka, Anda dapat menikmati atau mengalami hal-hal yang mungkin tidak terbayangkan sebelumnya, tetapi berdampak positif pada perkembangan karier selanjutnya.

Setiap orang yang Anda temui boleh jadi adalah pintu masuk untuk peluang baru, baik secara pribadi maupun secara profesional. Oleh karena itu, selalu jalin hubungan baik dengan orang lain. Anda tidak pernah tahu, kapan akan kembali berhubungan atau membutuhkan orang tersebut.

Tidak pernah salah untuk berusaha mencapai yang terbaik. Meski bukan pekerjaan impian di perusahaan dambaan, ketika Anda bersikap profesional—antara lain bekerja keras, tepat waktu, berusaha memenuhi target semaksimal mungkin—pekerjaan dan hidup akan terasa lebih berarti. Cepat atau lambat, hal itu akan berdampak pada perkembangan karier. Seorang pakar berkata, sebuah pekerjaan—meskipun pekerjaan yang luar biasa—tidak akan memberi makna pada hidup Anda. Hidup akan bermakna tergantung pada apa yang Anda pelajari, yang Anda lakukan, dan yang Anda cintai. Dan, yang menentukan itu semua adalah Anda sendiri.

Karier Anda tidak akan berkembang jika tidak mengusahakannya. Oleh karena itu, ambillah waktu sejenak setiap tahun untuk memikirkan kembali karier Anda. Bangunlah jejaring dan jajaki peluang-peluang baru. Pastikan Anda memperoleh data dan informasi selengkap mungkin tentang berbagai peluang. Semakin riil data yang dimiliki, semakin cerdas keputusan yang diambil. Jangan lupa untuk terus memperlengkapi diri dengan skill dan pengetahuan terkini yang dibutuhkan. [*/ACA]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 1 November 2018.