3 Trik Mudah Agar Keyboard Komputer Lebih Terawat

Papan ketik atau keyboard adalah periferal komputer yang sangat penting untuk memasukkan informasi saat menggunakan peranti digital itu. Bukan hanya untuk pekerjaan serius, papan ketik juga digunakan untuk bermain gim. Selain itu, tak sedikit yang memilih papan ketik dengan tampilan fisik lebih menarik, misalnya motif dan warna unik. Tak heran, di pasar terdapat banyak pilihan papan ketik, sesuai kebutuhan penggunaan serta penampilan.

Meski demikian, pada saat memilih, jangan lupa melihat aspek fungsionalnya. Anda sebaiknya memilih keyboard sesuai dengan jenis huruf yang sering digunakan. Jika lebih sering menggunakan bahasa Mandarin, saat ini keyboard dengan huruf China juga telah tersedia di pasar. Hal ini dapat memudahkan Anda bekerja.

Variasi tombol pun semakin banyak, bahkan saat ini tersedia keyboard multimedia yang dapat mengakomodasi mereka yang bekerja dengan audio visual, terutama para editor film. Peranti komputer ini dapat memutar musik atau video dengan sekali tekan. Bahkan, Anda dapat mematikan komputer dengan sekali tekan. Praktis, bukan?

Frekuensi penggunaan keyboard kadang tidak diimbangi dengan frekuensi perawatannya. Anda sering kali baru tersadarkan ketika mengalami kesulitan pada saat mengetik, salah satunya tombol yang sulit ditekan. Padahal, kerusakan itu diakibatkan oleh hal yang sering kali diabaikan. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan preservasi agar keyboard berfungsi secara optimal dengan memperhatikan hal berikut.

Tekanan tombol

Pemeriksaan tekanan tombol pada keyboard sangat diperlukan karena tekanan terlalu keras, jari Anda akan cepat merasa lelah pada saat mengetik. Sementara itu, tekanan yang terlalu minim dapat menyebabkan tombol menjadi terlalu sensitif.

Kebersihan

Frekuensi penggunaan yang tinggi akan mengakibatkan keringat yang berasal dari jari Anda ikut menempel pada keyboard. Tak jarang pula debu ikut menumpuk di sela-sela tombol. Oleh karena itu, sebaiknya alat ini dibersihkan minimal 1 bulan sekali agar kerja tombol tidak terhambat dengan kotoran yang menempel di dalamnya.

Dalam membersihkan, gunakanlah kuas kecil dan halus. Untuk kotoran yang menempel, dapat menggunakan kain lembut yang telah diberi cairan pembersih khusus. Jangan lupa menggunakan kover jika keyboard tidak digunakan dalam jangka waktu lama. Hal ini berguna untuk melindunginya dari debu.

Kerapian

Kerapian dapat terjaga jika Anda menggunakan keyboard wireless sehingga tidak banyak kabel penghubung yang melintang di bawah komputer. Namun, bagi Anda yang menggunakan keyboard konvensional, rapikan kabel dengan menggunakan pengikat kabel (cable ties). [GPW]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 24 September 2018.