Perhatikan Lima Cara Bekerja yang Nyaman Usai Liburan

Libur Lebaran yang cukup panjang ini bisa benar-benar dimanfaatkan untuk melepas segala kejenuhan setelah bekerja sekian lama. Jenuh, lelah, stres memang kerap membayangi para pekerja yang beraktivitas dari pagi hingga petang.

Efek dari stres bisa berupa menurunnya kualitas kerja dan produktivitas yang tak maksimal. Jika nanti kembali ke kantor usai liburan, bisa mencoba cara-cara sederhana berikut ini agar rutinitas keseharian dapat terlaksana dengan lebih nyaman dan sehat.

Pertama, dengarkan musik favorit atau tetembangan yang menenangkan. Ini bisa dilakukan terutama jika kita dihadapkan pada pekerjaan yang menyedot konsentrasi tinggi. Agar pekerjaan terasa ringan, kita bisa bernyanyi dengan volume pelan atau bersenandung. Cara ini dapat mereduksi stres.

Kedua, meditasi. Beberapa instruktur yoga menyebutkan, meditasi beberapa menit di sela-sela bekerja dapat membantu menenangkan pikiran. Dengan mengatur pernapasan, stres akan berkurang. Usai bermeditasi, pikiran bisa menjadi lebih fokus. Tidak perlu lama-lama, cukup 5-10 menit.

Ketiga, mengonsumsi minuman hangat seperti teh. Varian teh cukup beragam. Anda bisa memilih teh yang berkhasiat layaknya herbal seperti teh mint dan teh chamomile yang menenangkan. Teh rempah seperti teh dengan cengkeh, serai, atau kayu manis juga dapat memberikan efek relaksasi layaknya aroma terapi.

Keempat, berjalan-jalan. Maksudnya bukan jalan-jalan di mal saat jam kerja. Kita bisa berjalan-jalan singkat di sekitar area kantor. Misalnya, di taman atau halaman depan kantor. Suasana hijau bisa membuat pikiran lebih “dingin”. Udara segar yang berhembus di taman pun bisa membantu memperbaiki mood.

Kelima, mengudap camilan. Hindari memilih camilan yang tidak sehat seperti gorengan atau yang berkadar gula tinggi, berkadar garam tinggi, dan mengandung kolesterol tinggi. Sebaliknya, pilih jenis camilan sehat seperti kacang-kacangan, buah potong segar, atau jus buah tanpa gula.

Selain itu, pastikan tubuh tetap terhidrasi setiap hari. Siapkan cangkir, gelas, atau botol minuman di dekat lokasi kerja yang mudah dijangkau. Dengan begitu, kita tidak akan lupa minum air putih di sela-sela kerja. [*]

Foto Shutterstock.com