5 Cara Agar Dipercaya Rekan Kerja

Keberhasilan suatu bisnis bisa bermula dari kepercayaan. Tanpa dilandasi suatu rasa percaya, kerja sama kedua belah pihak bisa berakhir. Lantas, bagaimana cara untuk menumbuhkan dan menjaga sikap percaya, apalagi jika Anda merupakan sosok yang baru di lokasi kerja atau dalam sebuah kerja sama?

Dikutip dari Time.com, terdapat beberapa cara untuk menumbuhkan rasa percaya. Pertama, bersikap jujur. Meskipun Anda tidak mempunyai kepentingan tertentu, biasakanlah bersikap dan berbicara dengan jujur. Kebiasaan ini akan terbawa dalam dunia bisnis dan dunia kerja. Tanpa bersusah-payah, kepercayaan akan timbul jika Anda konsisten dalam bersikap jujur.

Kedua, hindarilah gosip. Hal ini seolah tidak mungkin karena tanpa sadari banyak gosip berputar di lingkungan kerja atau lingkungan pergaulan. Siasatnya, daripada mendengarkan gosip atau desas-desus, lebih baik Anda pastikan kebenaran gosip atau kabar burung dengan menanyakannya pada pihak yang bersangkutan secara langsung.

Jika banyak orang bergosip atau menebarkan kabar yang belum pasti, sebaiknya jauhilah lingkungan tersebut. Temukan lingkungan baru yang bersih dari gosip, tetapi lebih mengutamakan informasi yang pasti. Bila Anda tidak bisa melepaskan diri dari lingkungan yang lama, bersikaplah teguh dengan tidak larut dalam bergosip.

Ketiga,  simpan rahasia orang lain. Banyak orang membutuhkan kehadiran orang lain untuk menjadi pendengar. Jika menjadi pendengar, pastikan bahwa hal-hal yang diceritakan orang lain tetap tersimpan di dalam diri Anda. Apabila Anda teguh menyimpan rahasia, kepercayaan orang pun akan terjaga.

Keempat, berikanlah apresiasi yang tulus pada keberhasilan orang lain. Hal ini sepertinya sederhana. Namun, jika Anda memuji dengan disertai maksud tersembunyi, kepercayaan orang pun akan meluntur. Berikan apresiasi dengan tulus. Sebenarnya tidak hanya apresiasi, berikan bantuan atau sesuatu yang berbentuk materi pada orang lain dengan ikhlas, tanpa mengharapkan imbalan.

Kelima, bekerja keras dan tekun sesuai pada peraturan yang diberlakukan atau sesuai kontrak perjanjian kerja sama. Kinerja Anda akan menunjukkan keseriusan Anda dalam mengerjakan sesuatu. Hal ini mungkin tidak disadari oleh diri sendiri, tetapi orang lain di sekeliling Anda.

Sikap-sikap lain yang perlu dijaga adalah rendah hati, mengutamakan kepentingan bersama, sabar, dan percaya diri. Akan ada banyak masalah yang dihadapi dalam pekerjaan. Namun, usahakanlah agar tidak mudah terpancing emosi, hindari sikap oportunistis, atau memaksakan kehendak sendiri pada orang lain, bawahan, atau tim. Ambillah keputusan dengan bijak dengan pertimbangan kemajuan bagi perusahaan atau kerja sama bisnis. Sikap-sikap ini akan menjadi landasan bertumbuhnya kepercayaan. [*/MIL]

 

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 7 Oktober 2014