Sering Ngantuk di Kantor? Atasi dengan 4 Langkah Ini

Menurut National Sleep Foundation, sebanyak 34 persen karyawan diizinkan untuk tidur sebentar di kantor saat istirahat siang. Bahkan, 16 persen karyawan mengatakan perusahaan mereka sampai menyediakan ruang untuk tidur. Wah, apakah kantor Anda termasuk salah satunya?

Mengantuk adalah hal normal di kantor. Entah karena kurang tidur atau lelah terlalu keras bekerja. Apapun alasannya, mengantuk di kantor memang cukup menganggu. Apalagi jika hal ini terjadi pada sela-sela rapat penting. Mau menguap saja rasanya sungkan, apalagi sampai tertidur.

Melawan kantuk memang tak mudah. Seringkali pikiran dan mata susah untuk sinkron. Lalu, bagaimana cara efektif agar tak sering mengantuk di kantor? Nah, berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan.

Jalan-jalan

Jika sudah mulai mengantuk, segera tunda pekerjaan dan beranjak dari kursi kantor. Cobalah untuk jalan-jalan sejenak untuk mengambil air minum. Sebenarnya Anda bisa juga jalan-jalan ke meja teman. Oh iya, pastikan teman tak sedang dikejar deadline tugas.

Jalan-jalan hingga keluar kantor untuk menghirup udara segar memang disarankan. Namun, jika cuaca di luar panas, lebih baik Anda tak membiarkan kepala terkena sorot matahari langsung karena bisa membuat pusing.

Bersihkan meja

Ketika kantuk melanda, coba perhatikan sekeliling meja. Apakah banyak kertas dan berbagai benda berserakan? Jika iya, coba sedikit dibereskan. Meja yang berantakan membuat motivasi kerja berantakan. Alhasil, Anda akan selalu mengantuk di kantor.

Merapikan meja juga menjadi sebuah aktivitas fisik yang secara tak langsung membuat kantuk hilang. Namun, sebaiknya Anda tak terlalu memaksakan diri merombak meja hingga kelelahan. Pasalnya, lelah hanya membuat kantuk bertambah yang bisa berujung kepada niat untuk tidur.

Jadi produktif

Rasa kantuk biasanya menerpa mereka yang setiap hari hanya mengerjakan pekerjaan sedikit dan rutin. Apalagi jika pada satu hari tak ada tugas sama sekali, rasa kantuk tentu akan semakin menerjang. Untuk menyiasatiya, jika memungkinkan coba Anda berinisiatif bantu pekerjaan teman. Ingat, jika kita saling bantu, teman pun akan membantu Anda kelak.

Bercanda

Suasana kantor yang serba sibuk bekerja memang membosankan. Hal-hal seperti ini yang biasanya menimbulkan rasa kantuk. Oleh sebab itu, coba selingi suasana kantor dengan celetukan-celetukan lucu yang ringan. Namun, pastikan waktunya tepat dan tak menyinggung teman secara berlebihan. [INO]

Foto dokumen Shutterstock.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 29 Oktober 2012